Kamis, 18 Mei 2017

Sejarah Sepakbola

Sepak Bola berasal dari dua kata yakni “Sepak”: dan “Bola”. Sepak atau meyepak bisa di artikan sebagai menendang (menggunakan kaki) sedangkan untuk “bola” yaitu alat permainan yang memiliki bentuk bulat yang terbuat dari bahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak/ditendang oleh para pemain kian kemari. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan.
Sepak bola adalah salah satu jenis permainan yang dimainkan dalam bentuk regu. Setiap regu memiliki 11 pemain dimana termasuk 1 orang yang menjaga gawang disebut penjaga gawang. Permainan ini sangat membutuhkan adanya keterampilan pada gerak kaki dan tungkai. Kemudian sedangkan untuk penjaga gawang ada pengecualian dimana penjaga gawang boleh menggunakan tangan selama berada diarea gawangnya. Namun, jika penjaga gawang keluar area gawangnya maka tidak boleh lagi memegang bola, jika itu terjadi maka penjaga gawang tersebut akan dikenakan pelanggaran.
Permainan sepak bola ini memiliki tujuan untuk memasukkan bola kedalam gawang lawan dan mesti berusaha agar dapat menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol digawang sendiri. Kemudian permainan sepak bola dilakukan dalam 2 babak, dimana pada tiap babak terdiri dari 45 menit. Waktu istirahat berada diantara dua babak yaitu sebanyak 10 menit. Kemudian suatu tim akan dinyatakan sebagai pemenang, jika mampu mencetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak mungkin.

A.  Sejarah Sepak Bola
Dimulai dari sejak peradaban kuno Romawi, Cina dan Yunani, menurut sejarah sepak bola yang pernah ditelusuri bahwa dari peradaban tersebut sejarah sepak bola dimulai. Permainan bola ini dilakukan dengan cara menggiring bola oleh pemain menuju suatu sasaran. Pada abad pertengahan, sepak bola kemudian dimainkan dengan jumlah pemain yang tak terbatas. Bola yang dipakai dalam permainan sepak bola tersebut yaitu terbuat dari kulit binatang atau usus. Di abad ke-20, permainan sepak bola kemudian mulai memiliki peraturan-peraturan yang resmi untuk bisa menciptakan permainan yang bisa dinikmati oleh masyarakat dunia.
Sejarah sepak bola terbagi atas dua bagian dimana ada sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern.
-          Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah sepak bola kuno dimulai disebuah negara yang bernama china dimana lebih tepatnya berada di masa dinasti Han yaitu ada sekitar abad kedua atau ketiga sebelum penanggalan masehi. Permainan sepak bola tersebut yang ada dizaman itu menggunakan bola kulit dan untuk memasukkan bolanya pun sangat sulit digawang karena mesti memasukkan bola pada jaring yang kecil. Olahraga sepak bola ini dihadirkan oleh orang-orang pada saat itu agar para tentara china tetap terlatih fisiknya dan sekaligus menjadi hiburan ketika ada perayaan ulang tahun kaisar, adapun permainan sepakbola yang ada pada saat itu disebut sebagai tsu chu.

-          Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah sepak bola modern dimulai di Inggris. Ditandai dari berdirinya Organisasi yaitu Football Association lewat pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada Inggris di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris). Pada pertemuan ini ditetapkan seri peraturan tunggal bermain sepak bola. Kemudian, peraturan tersebut diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, keempat asosiasi tersebut akan membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk dapat mengoordinasi peraturan sepak bola dunia. Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan persepakbolaan dunia, maka lahirlah Federation International de Football Association (FIFA).
FIFA berdiri di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904. Sebuah pertemuan yang telah digagas oleh dua tokoh sepak bola yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet tersebut kemudian dihadiri oleh tujuh negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan Belanda. Negara-negara tersebut kemudian ditetapkan menjadi anggota FIFA yang pertama dimana diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis. Kejuaraan sepak bola yang ada pada saat itu masih tergolong dalam lingkup olimpiade, namun kenggotaannya terus bertambah.
Pada tahun 1908 dimasukkan permainan sepak bola dalam Olimpiade dan melakukan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930an.
Adapun daftar peristiwa penting perjalanan sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun:
  • Pada tahun 1863 terbentuk Asosiasi sepak bola Inggris
  • Pada tahun 1885 terdapat pertandingan di luar wilayah inggris yaitu Kanada melawan Amerika
  • Pada tahun 1886, diadakanlah rapat pertama kali dengan agenda membahas pembentukan kelompok yaitu Asosiasi sepak bola dunia.
  • Pada tahun 1888, terdapat aturan dimana wasit sudah mulai memegang penuh kendali dalam pertandingan.
  • Pada tahun 1904, FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis.

FIFA kemudian membentuk beberapa badan asosiasi regional yang terdiri atas beberapa negara seperti berikut ini:
  • UEFA atau yang disingkat Union of European Football Associations yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola mencakup negara-negara Eropa.
  • CONCACAF atau yang disingkat The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football yang merupakan sebuah kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang ada di Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Utara,
  • CONMEBO atau yang disingkat dari Confederacion Sudamericana de Futbol yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara Asia.
  • CAF yang hasil singkatan dari Confederation of African Football yang merupakan kelompok atau asosiasi sepakbola untuk menaungi negara-negara yang ada di benua Afrika.
  • OFC hasil singkatan dari Oceania Football Confederation yang merupakan asosiasi sepak bola yang menaungi negara oceania.

-          Sejarah Sepak Bola Indonesia

Tidak terlepas dari peran bangsa lain yang telah melakukan penjajahan atau perdagangan di wilayah Indonesia. Pertama kali, dalam sejarah sepak bola indonesia bahwa Cina lah yang memperkenalkan permainan sepak bola kepada Indonesia untuk menunjukkan bahwa negeri tirai bambu Cina juga tidak kalah superior dibanding negara-negara yang ada di Eropa seperti Belanda. Selain memiliki keinginan untuk melakukan perdagangan, Cina memiliki andil yang begitu besar dalam sejarah sepak bola indonesia. Telah tercatat bahwa pada tahun 1915 sudah terdapat banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tionghoa, bahkan di tahun 1920 terdapat klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang sudah menjadi klub terhebat pada persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dulu), kehebatan Indonesia pada saat itu ternyata sudah pernah ikut dalam kancah piala dunia pada tahun 1938.
Dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, terdapat beberapa peristiwa yang penting untuk dicatat yaitu berdirinya asosiasi sepak bola Indonesia yang bertugas menaungi klub sepak bola yang ada di Indonesia dengan bernama PSSI atau persatuan Sepakbola seluruh Indonesia yang berdiri pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI berdiri sebelum keikutsertaan dalam pagelaran Piala Dunia pada tahun 1938 di Prancis.















B.  Teknik Dasar Dalam Sepak Bola
Dalam permainan sepak bola seorang pemain sepak bola harus menguasai teknik dasar dalam sepak bola. Ada dua teknik dasar dalam sepak bola, yaitu teknik tanpa bola dan teknik dengan bola.
1.      Teknik Dasar Tanpa Bola
-          Kecepatan (speed)
kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk dapat melakukan gerakan dalam waktu yang singkat. Dalam sepak bola kecepatan digunakan untuk ; berlari, reaksi, gerakan mendadak, merubah arah dan lain-lain.
-          Kelentukan (fleksibilitas)
merupakan kemampuan sendi untuk melakukan gerakan tanpa mengalami rintangan (luas) seperti rasa sakit, tegang, dan lain-lain.
-          Kelentukan (agility)
Kemampuan seseorang untuk dapat bergerak dan merubah arah dengan cepat. Kelincahan digunakan untuk gerakan bolak balik dan maju mundur.
-          Kekuatan (power)
kemampuan seseorang untuk dapat menahan beban yang berat. Kekuatan sering digunakan untuk menendang bola, menyundul bola, body charge, mendribel dan lain-lain.
-          Daya tahan (endurence)
Kemampuan mempertahan eksistensi dalam waktu yang lama dan tidak mengalami kelelahan. Permainan sepak bola menggunakan daya tahan yang cukup lama apabila dalam bermain menggunakan tehnik tinggi.
Adapun unsur-unsur teknik badan yang penting :
-          Gerak Lari
Gerak lari dalam sepak bola adalah :
·               Menggunakan langkah lari kecil-kecil cepat
·              Sikap badan tidak terlalu condong agar mudah merubah arah
·              Pandangan kedepan tapi dalam pandangan yang luas
·              Titik berat badan dekat tanah untuk kesetabilan
·              Lengan tangan agak dibuka untuk mempertahankan kesetabilan
-          Gerakan melompat
Gerakan melompat untuk merebut bola di udara. Adapun teknik gerakannya :
·              Kedua kaki menumpu selebar bahu
·              Badan sedikit membungkuk, kedua lutut ditekuk sedangkan kedua tangan diayun kebelakang.
·              Lengan diayun kedepan diikuti dengan meluruskan lutut dan menegakan badan, kedua kaki menolak kuat dari tanah.
·              Saat di udara kedua tangan menjaga keseimbangan dengan dibuka kesamping, dan mendarat dengan kedua kaki dengan lutut mengeper.
-          Melompat dengan awalan
Gerakan melompat lebih dahulu didahului dengan berlari kecil-kecil atau cepat, pada prinsipnya melompat dengan menggunakan awalan sama dengan tanpa awalan. Dalam melakuakan lompatan dapat menggunakan satu kaki sebagai tumpuan.
-          Gerak tipu
Merupakan modal dasar yang harus dimiliki karena dapat memberikan keuntungan seperti ;
·              Melolosakan diri dari hadangan musuh
·              Mengambil posisi yang menguntungkan
·              Melakukan gerakan berikutnya dengan leluasa
·              Mengganggu konsentrasi lawan
·              Dapat digunakan sebagai taktik individu

2.      Teknik Dasar Dengan Bola
-          Passing/Menendang Bola
Passing atau menendang bola menjadi aktivitas yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Dari start sampai permainan selesai, yang di lakukan para pemain di lapangan adalah menendang. Di mana menendang bola adalah upaya untuk memasukan bola ke gawang lawan untuk mencetak gol. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan dan menembak kearah gawang. Ada 3 cara menendang bola, yaitu:
a. Menendang dengan kaki bagian dalam
b. Menendang Dengan Kaki Bagian Luar
c. Menendang dengan punggung kaki
 
-          Kontrol/Menghentikan Bola
Teknik mengontrol dan menghentikan bola di lakukan bersamaan dengan teknik menendang. Maksud dari teknik dasar ini adalah untuk mengatur tempo permainan, untuk mengalihkan laju permainan serta memudahkan saat mengoper bola.
 
-          Dribble/Menggiring Bola
Menggiring berarti menendang bola secara terputus-putus dengan tujuan untuk mendekatkan jarak ke sasaran menghindari lawan, dan menghambat permainan. Menggiring bola menggunakan kaki yang sama untuk menendang.
 

-          Throw In/Melempar Bola
Yaitu teknik melemparkan bola ke dalam lapangan. Saat melempar, mata fokus kearah teman satu tim, sehingga bola akan mendarat kearah teman bukan ke lawan.
 
-          Heading/Menyundul Bola
Menyundul bola biasanya di lakukan untuk mencetak gol atau membuang bola. Menyundul bola dapat dilatih dengan melemparkan bola kemudian diterima atau di sundul dengan kepala tepat di jidat.
 
-          Merebut Bola
Merebut bola dilakukan dengan teman satu tim. Seorang pemain perlu belajar membaca gerakan lawan dan usahakan membaca gerakan bola daripada menghadap secara fisik lawan main, sehingga akan lebih mudah merebut bola dari kaki lawan.




















Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar